Connect with us

Gaya Hidup

Berbagai Bentuk Unik Atap Rumah Sunda

Published

on

berbagai bentuk unik atap rumah sunda

Berbicara soal suku, Indonesia sendiri terdiri dari banyak suku bahkan pada satu daerah yang sama. Salah satunya Suku Sunda yang berada di daerah barat Pulau Jawa. Dimana masyarakat Sunda memiliki ikatan kekeluargaan yang kuat, begitu pula dengan agama yang mempengaruhi lingkungannya.

Kehidupan masyarakat Sunda terkenal erat dengan pengaruh lingkungan sekitar, dimana alam memberikan pengaruh atas keberlangsungan kehidupan mereka. Salah satunya adalah bahan bangunan yang dijadikan tempat tinggal masyarakat Sunda.

Rumah Sunda memiliki ciri khas yakni disesuaikan dengan keadaan alam, fungsi, dan adat istiadat warga setempat. Hal tersebut biasanya dibedakan dengan berbagai macam bentuk atap rumahnya. Nah, berikut penjelasannya:

1. Jolopong

Kalau rumah Sunda yang menggunakan jolopong bianya berbentuk dua sisi, seperti model atap pelana.

2. Tagog anjing

Atap tagog anjing biasanya mirip dengan bentuk atap badak heuay, tetapi di bagian sambungnya dilebihkan sehingga sedikit mirip dengan jolopong.

3. Badak heuay

Bentuk atap bangunan rumah yang tidak memiliki bubungan, sehingga sekilas mirip dengan badak yang sedang menguap.

4. Perahu nangkub

Bentuk ini mirip dengan perahu terbalik.

5. Capit gunting

Bentuk atap bangunan rumah yang di setiap ujung atasnya akan bertemu antara dua sisinya dan dibuat saling menyilang seperti gunting.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

©Copyright Gitupedia 2021