Connect with us

Otomotif

3 Tips Ampuh Menghemat Konsumsi BBM Secara Teknis

Published

on

3 tips ampuh menghemat konsumsi bbm secara teknis

Pertumbuhan konsumsi BBM yang terus meningkat menunjukkan bahwa semakin besar kebutuhan BBM yang akan dikonsumsi, maka akan memiliki konsekuensi terkurasnya cadangan energi fosil, besarnya biaya proses pengadaan BBM, dan semakin besarnya polusi termasuk CO2.

Penggunaan BBM transportasi yang terus meningkat, terutama pada transportasi jalan ternyata masih sulit untuk dibendung. Sehingga, yang dapat ditempuh adalah dengan mengurangi jumlah konsumsi BBM transportasi jalan. Nah, berikut langkah-langkah yang dapat ditempuh untuk menghemat konsumsi BBM:

  • Menerapkan smart driving secara luas

Mengemudikan kendaraan bermotor dengan menuruti pola yang mampu mengurangi konsumsi BBM per kilometer, sehingga penghematan energi yang diperoleh dengan cara ini adalah sekitar 10-15% dari konsumsi energi biasanya. Selain mengurangi konsumsi energi, juga mengurangi polutan yang dikeluarkan oleh mesin kendaraan.

  • Pengelolaan kendaraan

Hal yang dapat dilakukan adalah dengan membatasi aktivitas dan waktu memanaskan mesin kendaraan bermotor yang masih menggunakan sistem karburator, apalagi yang sudah dengan sistem injeksi.

Misalnya, mematikan mesin saat berhenti adalah aksi sederhana pada saat lampu merah di traffic light atau di persimpangan yang mengharuskan berhenti. Cara ini tidak hanya mengurangi konsumsi bahan bakar, tetapi juga mengurangi emisi.

  • Menggunakan komponen penghemat BBM

Sehubungan dengan kualitas BBM Indonesia sedikit lebih rendah dibanding dengan negara-negara lain, sehingga menyebabkan performa mesin tidak mencapai puncaknya. Maka, efisiensi pemakaian BBM menjadi rendah atau boros karena pembakaran yang tidak sempurna.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

©Copyright Gitupedia 2021