Connect with us

Olahraga

Kenali Jenis Pemanasan Sebelum Melakukan Olahraga

Published

on

kenali jenis pemanasan sebelum melakukan olahraga

Dalam olahraga, dianjurkan untuk melakukan pemanasan dan peregangan tubuh yang bertujuan untuk menjaga kestabilan tubuh saat berolahraga. Pada tahap ini terdapat berbagai macam teknik pemanasan yang dapat digunakan untuk menaikkan temperatur lokal maupun seluruh tubuh, guna mempersiapkan aktifitas tertentu. Berikut beberapa jenis pemanasan sebelum melakukan olahraga:

  1. Pemanasan pasif

Pemanasan pasif melibatkan berbagai peralatan dengan beberapa cara dari luar (eksternal) untuk menaikkan temperatur tubuh, termasuk didalamnya pemanasan yang ditempelkan, mandi uap, sauna dan pancuran panas atau mandi air panas. Meskipun tidak banyak atlet yang mempraktekkannya, namun penampilan akan meningkat dibandingkan dengan tanpa pemanasan sama sekali jika suhu tubuh cukup meningkat dengan metode ini.

  • Pemanasan umum

Proses pemanasan dengan intensitas latihan harus ditingkatkan secara bertahap, yaitu untuk meningkatkan kapasitas kerja organisme tubuh. Akibatnya, aliran darah akan meningkat, suhu tubuh naik dan ini akan merangsang pusat pernafasan, sehingga dapat mengakibatkan peningkatan suplai pada organisme.

  • Pemanasan khusus

Pemanasan ini melibatkan latihan tertentu yang gerakannya sama dengan kejadian yang sesungguhnya, tetapi intensitasnya dikurangi, seperti pelari jarak jauh melakukan pemanasan dengan berlari kecil sampai sedang, dan perenang berenang sedikit sampai sedang. Hal ini akan meningkatkan temperatur tubuh terutama pada otot dan jaringan penghubungnya yang langsung terlihat pada aktifitas tersebut.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

┬ęCopyright Gitupedia 2021