Connect with us

Otomotif

Ketahui 3 Jenis Rem Pada Kendaraan Bermotor

Published

on

ketahui 3 jenis rem pada kendaraan bermotor

Pada kendaraan, rem dirancang untuk mengurangi kecepata dan menghentikan kendaraan atau memungkinkan parkir pada tempat yang menurun. Rem pada kendaraan memiliki peran yang sangat penting sebagai alat keamanan yang menjamin pengendara. Adapun berikut ini Gitupedia akan menjelaskan jenis-jenis rem yang sering digunakan:

1. Disc Brake

Disc brake atau rem cakram merupakan rem yang terdiri dari cakram yang terbuat dari besi tuang yang berputar dengan roda dan bahan gesek yang mendorong dan menjepit cakram. Daya pengereman dihasilkan oleh adanya gesekan antara disc pada dan cakram.

2. Drum Brake

Drum braka atau rem drum adalah rem yang bekerja atas dasar gesekan antara sepatu rem dengan drum yang ikut berputar dengan putaran roda kendaraan. Agar gesekan dapat memperlambat kendaraan dengan baik, sepatu rem dibuat dari bahan yang mempunyai koefisien gesek yang tinggi.

3. Parking Brake

Parking Brake atau rem tangan merupakan sebuah sistem pengereman pada kendaraan bermotor, khususnya kendaraan roda empat maupun lebih. Rem tangan umumnya berfungsi untuk menahan mobil bergerak dalam posisi kemiringan jalan yang miring, terutama dalam keadaan menanjak maupun menurun.

Ada beberapa macam jenis rem yang perlu kita pahami dalam otomotif antara lain jenis tromol dan jenis cakram, dimana keduanya mempunyai tipikal yang berbeda. Ada dua cara melaksanakan pengereman pada rem tangan / rem parker, yaitu pengereman pada roda dan pengereman pada propeller.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

┬ęCopyright Gitupedia 2021