Connect with us

Seks Edukasi

Kamu Harus Tau! Ini Resiko Jika Terjadi Kehamilan di Bawah Umur

Published

on

kamu harus tau! ini resiko jika terjadi kehamilan di bawah umur

Kabar kehamilan tentu akan selalu menyenangkan bagi seseorang yang menginginkannya. Namun, terkadang kehamilan dipengaruhi oleh usia calon ibu. Dimana perbedaan usia seringkali menunjukkan perbedaan kondisi fisik. Kehamilan yang terjadi pada usia kurang 20 tahun kerap menimbulkan masalah. Adapun berikut beberapa masalah yang dapat terjadi ketika seorang wanita hamil pada usia yang berisiko tinggi:

  • Keguguran pada usia muda

Keguguran dapat terjadi secara tidak sengaja, misalnya seperti karena terkejut, cemas, atau stress.

  • Persalinan prematur

Hal ini dapat terjadi karena kurang matangnya alat reproduksi, terutama rahim yang belum siap mendapat beban kehamilan atau kurang gizi saat hamil.

  • Cacat bawaan

Keadaan ini dipengaruhi oleh kurangnya pengetahuan ibu tentang kehamilan, pengetahuan akan asupan gizi rendah, pemeriksaan kehamilan kurang, dan keadaan psikologi ibu kurang stabil. Selain itu, cacat bawaan juga disebabka oleh keturunan, proses pengguguran sendiri yang gagal, hingga kebiasaan mengkonsumsi obat-obatan.

  • Mudah terjadi infeksi

Ini terjadi akibat keadaan gizi buruk, tingkat sosial ekonomi yang rendah. Stres juga membuat ibu hamil mudah terserang infeksi, terlebih lagi ketika masa nifas.

  • Keracunan saat kehamilan

Alat reproduksi yang belum siap hamil dan kurangnya zat besi sehingga mengakibatkan anemia membuat ibu hamil memerlukan perhatian khusus karena dapat menyebabkan kehamilan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

┬ęCopyright Gitupedia 2021