Connect with us

Kesehatan

Jarang Diketahui, Ini Dia Teknik Urut Kulit Wajah dan Fungsinya

Published

on

jarang diketahui, ini dia teknik urut kulit wajah dan fungsinya

Dalam kegiatan sehari-hari, kulit wajah tidak bisa terbebas dari kotoran baik debu maupun kosmetik yang menempel pada kulit, terutama bagi seorang yang bepergian. Keadaan seperti ini jika dibiarkan akan menimbulkan beberapa gangguan pada kulit wajah, misalnya komedo, acne/jerawat, pigmentasi, kerutan kecil dan sebagainya. Untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu dilakukan perawatan secara teratur dan periodik. Perawatan secara teratur dapat dilakukan dengan teknik yang benar dan dengan kosmetik yang sesuai. Kulit wajah mempunyai struktur dan karateristik yang berbeda, salah satunya perawatan dengan pengurutan.

Dalam pengurutan kosmetik, khususnya pengurutan kulit wajah, gerakan urut (massage) dapat digolongkan menjadi beberapa teknik pengurutan sesuai dengan tujuan dan efek dari suatu gerakan, berikut penjelasannya:

  • Effleurage

Effleurage adalah gerakan mengusap-usap ke arah atas berturut-turut menurut irama. Tangan atau jari-jari kendur sama sekali, disesuaikan dengan bagian yang sedang diurut. Jari-jari atau tangan tidak boleh diangkat dari kulit sebelum sampai ke ujung yang diurut. Berfungsi untuk meratakan krim urut, menenangkan kembali jaringan otot setelah dilakukan gerakan yang lain.

  • Petrisage

Petrisage adalah gerakan pengurutan dengan tekanan ataupun meremas dan melingkar-lingkar yang dilakukan dengan menggunakan telapak tangan atau bantalan jari tangan yang berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dan getah bening, merangsang serabut-serabut kenyal pada lapisan jaringan ikat.

  • Vibratie

Vibratie adalah gerakan menggetar dengan menggunakan telapak tangan atau jari-jari tangan yang berfungsi untuk menenangkan syaraf, mengurangi ketegangan otot yang menimbulkan rasa rilex dan mengurangi kekencangan otot.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

┬ęCopyright Gitupedia 2021