Connect with us

Hobby

Sejarah Koin dan Relasinya dengan Koin Gatotkaca

Published

on

sejarah koin dan relasinya dengan koin gatotkaca

Apakah kamu di selama ini masih menggunakan koin sebagai alat transaksi? Atau masih menjadikan koin sebagai barang simpanan? Jika masih, maka kamu orang yang cerdik.

Jika kamu masih memiliki beberapa jenis koin lama yang dahulunya menjadi alat transaksi, simpan saja. Di masa mendatang, koin-koin tersebut mungkin akan mendatangkan keuntungan.

Bahkan dewasa ini, sering terdengar kabar bahwa ada koin yang katanya bisa menjadi barang mahal. Itu semua karena ada sejarahnya. Koin atau yang juga dikenal dengan uang logam ternyata memiliki sejarah yang panjang di Indonesia. Koin itu sendiri sudah ada sejak 600 SM, dan di Indonesia sudah ada sejak 800-1600 masehi.

Dulu koin masih berbahan dasar emas atau logam. Fungsinya sendiri sebagai untuk alat tukar saat melakukan transaksi jual beli pada saat itu. Namun, lama-kelamaan cara itu mulai ditinggalkan karena dirasa nggak sebanding. Uang koin Indonesia sendiri terakhir diproduksi terakhir pada tahun 2016, yaitu pecahan Rp 1000.

Seiring perkembangannya, koin itu sendiri memiliki bahan baku yang terus berubah. Mulai dari tembaga, alumunium, serta bahan khusus campuran nikel dan alumunium. Hingga saat ini pun, koin bukan sekedar dijadikan mata uang, tapi dijadikan benda koleksi. Salah satunya adalah koin unik yang bisa dijadikan koleksi, namanya Koin Gatotkaca.

Koin ini merupakan edisi khusus yang dikeluarkan oleh Larutan Penyegar Cap Badak. Salah satu produk minuman penyegar yang sudah tidak asing di Indonesia ini mengeluarkan edisi khusus buat mendukung salah satu film ‘Marvel’-nya Indonesia berjudul Satria Dewa Gatotkaca yang telah tayang 9 Juni lalu di bioskop Indonesia.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

©Copyright Gitupedia 2021