Connect with us

Kesehatan

Hati-Hati Penyakit Rawan di Musim Pancaroba

Published

on

Di musim pancaroba seperti ini, kita harus ekstra dalam menjaga kesehatan. Tapi apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan pancaroba? Sebagai negara yang memiliki iklim tropis, kita mengenal dua musim yang terjadi tiap tahunnya, yaitu musim panas dan musim hujan. Pancaroba ini sendiri merupakan masa peralihan dari kedua musim tersebut.

Musim hujan sendiri biasanya dimulai dari bulan September atau Oktober, dan musim panas dimulai dari bulan April. Tanda-tanda yang bisa kita lihat ketika masa pancaroba ini adalah cuaca ekstrim yang meliputi hujan deras disertai angin dan petir, namun intensitasnya rendah. 

Perubahan cuaca yang tidak menentu ini dapat menurunkan daya tahan tubuh seseorang sehingga rentan terhadap penyakit. Jika tubuh mengalami kondisi seperti ini, virus atau bakteri akan lebih mudah menyebabkan penyakit pada tubuh. 

Baca Juga: Waspada dan Kenali Burnout Ketika Bekerja

Penyakit yang sering muncul pada musim seperti ini adalah flu, batuk, asma, demam berdarah, tipes, bahkan penyakit yang saat ini sedang jadi perhatian, yaitu korona. Maka dari itu dalam kondisi seperti ini kita harus lebih ekstra dalam menjaga kesehatan. Jangan sampai daya tahan tubuh kita melemah disaat-saat rawan seperti ini. Selain menjaga kesehatan, tentu saja kita harus selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Ada baiknya kita mulai mempersiapkan diri memasuki pergantian musim ini. Jangan lupa selalu membawa payung dan jaket untuk menghindari terkena air hujan langsung. Konsumsi makanan yang bergizi serta mengurangi kegiatan di luar rumah. Dan pastinya selalu gunakan masker kemana pun kita pergi.

Dengan menjaga kesehatan diri sendiri, sama saja dengan menjaga lingkungan sekitar kita!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

©Copyright Gitupedia 2021