Connect with us

Kesehatan

Waspada dan Kenali Burnout Ketika Bekerja

Published

on

Apakah kamu pernah mendengar istilah burnout syndrome? Istilah ini belakangan banyak muncul dikalangan pekerja. Burnout syndrome merupakan salah satu kondisi stres yang disebabkan oleh pekerjaan. Kondisi ini biasanya ditandai dengan munculnya gejala kelelahan fisik atau emosional yang mempengaruhi kinerja karyawan.

Selain gejala tersebut, kamu harus mengenali ciri-ciri dari burnout ini sebelum mendiagnosis diri. Ciri-ciri yang bisa muncul ketika kamu mengalami burnout syndrome adalah kelelahan fisik yang berkepanjangan, benci dengan pekerjaan yang sedang dikerjakan, emosi tidak stabil, performa menurun, hingga mudah sakit. 

Lalu bagaimana mengatasinya ketika kamu terkena burnout syndrome ini? Tentu ada banyak cara untuk mengurangi kondisi ini ketika bekerja. Misalnya mulai tentukan prioritas pekerjaan sehingga kamu bisa mengerjakan pekerjaan secara urut. Lalu kamu juga bisa mulai membicarakan dengan atasan mengenai kondisi ini, mungkin kamu bisa mulai mengambil cuti dan menenangkan diri sejenak dari pekerjaan. Dan terakhir ubah gaya hidup menjadi lebih sehat sehingga kamu bisa lebih fokus dalam bekerja.

Tapi ada hal yang perlu kamu ketahui bahwa burnout syndrome dan depresi adalah kedua hal yang berbeda. Singkatnya burnout merupakan stres yang ditimbulkan dari rasa tertekan dalam bekerja sehingga menimbulkan rasa yang tidak puas. Lalu depresi merupakan tekanan dari semua masalah yang menuntunmu secara mental maupun fisik. Jadi jangan merasa ketika kamu terkena burnout syndrome maka kamu mengalami depresi.

Jadi sekarang waktunya mengetahui kondisi diri sendiri dan mulai mengobatinya secara perlahan. Jangan sampai karena menahan tekanan selama bekerja akan mempengaruhi kondisi fisik yang berkepanjangan ya.

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Hati-Hati Penyakit Rawan di Musim Pancaroba | Gitupedia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

┬ęCopyright Gitupedia 2021